Saturday, August 07, 2010

Sensus GNOME

Nearly Consulting, konsultan yang menspesialkan dirinya untuk hubungan komunitas dan strategi software bebas, telah menerbitkan sebuah hasil dari studi sensus GNOME. Menurut pendiri Nearly Consulting Dave Neary, laporan sensus itu telah menganilisa bagaimana para developer berpartisipasi dalam proyek GNOME dan mengamati pola proyek ini.

Laporan itu menemukan bahwa lebih dari 70% dari developer menyebut diri mereka sebagai sukarelawan, berkerja untuk GNOME diwaktu luang mereka. Red Hat adalah kontibutor terbesar proyek ini dan bagian-bagian utama proyek ini, para developer mereka bertanggung jawab pada hampir 17% pada semua commits (masukan kode program) yang diukur oleh riset ini. Beberapa organisasi lainnya, termasuk Novell (10%), spesialis open source Inggris Collabora Ltd. (hampir 5%), Intel (2.5%) dan Fluendo, juga membuat kontribusi yang penting pada proyek desktop ini. Para kontributor paling atas adalah perkeja Red Hat Matthias Clasen dan Richard Hughes dengan 1.8% dan 1.7% masing-masing.

Laporan penuh studi ini, berjudul "Sensus GNOME: Siapa yang menulis GNOME?", tersedia pada website Nearly Consulting untuk di download bebas. Sensus GNOME ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.